Rabu, 18 Januari 2012

Tekhnologi


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MASA DEPAN
Majalah Inggris, New Scientist, sebagaimana telah dikutip oleh Epoch Times, pada hari Selasa, 3 Februari 2009, telah meramalkan akan hadirnya 10 produk iptek besar yang diharapkan terjadi dalam 30 tahun ke depan. Produk – produk tersebut diharapkan tidak hanya ada di ruang laboratorium akan tetapi bisa melangkahkan kakinya ke rumah Anda, menjadi produk umum seperti halnya handphone (HP).
Sepuluh teknologi baru di masa yang akan datang tersebut adalah alat pendeteksi tembus dinding, mantel penyirna tubuh ala Harry Potter, peralatan panjat dinding ala spiderman yang membuat orang mampu memanjat dinding, pesawat terbang pribadi super, pesawat antariksa pribadi dan TV yang dapat menebarkan aroma dan lain-lain.
Di paparkan oleh Harian Daily Mail, 10 produk iptek besar masa depan tersebut adalah  sebagai berikut:
1. Dinamo dari tubuh manusia
Pada zaman sekarang ini hampir semua orang memiliki HP, iPod dan alat elektronik lainnya, akan tetapi berbicara dengan HP dan mendengarkan iPod dengan waktu yang agak lama, baterai bisa cepat habis padahal kita sedang berada di luar rumah, tentu kita  tidak dapat mengisi ulang baterai tersebut. Oleh karena itulah para ilmuan berpikir andai saja  pergerakan tubuh manusia bisa digunakan setiap saat sebagai  pembangkit listrik, bukankah itu akan lebih efektif dan efisien.
Kini ilmuwan di laboratorium sudah merealisir harapan tersebut. Salah seorang ilmuwan keturunan Tionghoa dari Politeknik Georgia, AS,  bernama Wang Zhonglin menggunakan teknik Nano dan Piezoelectrik effect guna membangkitkan listrik. Dia berhasil membuat semacam pakaian serat fiber berdinamo dari bahan campuran serat logam super halus. Setiap kali fiber tersebut ditekan atau ditekuk, maka akan menghasilkan aliran listrik. Piezoelectrik effect adalah ketika materi tertentu tatkala menerima tekanan bisa menghasilkan listrik.
Wang Zhonglin menggunakan benang nano yang dibuat dari Zinc Oxyd (seng oksida) dibungkus dengan seuntai serat tenun. Sewaktu orang mengenakan pakaian semacam ini, asalkan terhembus angin atau gerak sedikit saja sudah cukup membuat pakaian tersebut menghasilkan Listrik. Tetapi teknologi tersebut masih dalam percobaan di laboratorium, menanti teknik semakin matang, agar orang-orang bisa setiap saat mencharge Hp ataupun teknologi yang lain.
2. Alat pengintai tembus dinding
Mungkin kita dapat melihat alat pengintai tembus pandang  hanya ada di dalam dongeng. Di dalam Dongeng  dewa atau manusia super pasti memiliki daya pandang tembus, bisa melihat benda di balik dinding, melihat suasana di belakang dinding. Tetapi kini para ilmuwan menggunakan gelombang radio dan telah merealisir impian ini.
Prism 200, nama peralatan ini bisa memancarkan semacam gelombang pulsa ultra wide band, bisa menembus dinding atau materi setebal 40 cm, mendeteksi segala gerakan dalam radius 15 meter, dapat membantu pihak kepolisian sewaktu dalam pengepungan penculik dan mampu mendeteksi posisi penyandera dan korban yang disandera di dalam ruangan.
Peneliti Universitas Teknik Munich Jerman telah menciptakan semacam peralatan yang meskipun tersekat oleh pintu, asalkan meluncurkan semacam gelombang radio antara 433 MHz dan 24.000 MHz, maka bisa mendeteksi pernafasan dan detak jantung dan gerakan minim dari balik pintu.
3. Memanjat dinding dan Qinggong (ilmu meringankan tubuh)
Spiderman di dalam film, mampu memanjat dinding dan berlompatan di atas atap gedung pencakar langit. Kini selingan di kala senggang ini sudah dipergunakan oleh ilmuwan dengan menggunakan semacam peralatan perekat kuat untuk merealisasi perlawanan terhadap gravitasi. Para ilmuwan memperoleh inspirasi ini dari prinsip anatomi kaki cecak. Mungkin kita tidak tahu kenapa ilmuwan terinspirasi dengan cecak.
Cecak bisa merayap di dinding berkat mengandalkan 2 juta batang rambut pada setiap kakinya, yang menimbulkan listrik mikro elektrostatik dan membentuk sebuah daya rekat yang sangat kuat.
Andre Geim, peneliti dari Universitas Manchaster, Inggris telah merencana semacam materi tiruan bulu cecak, hanya sebesar 1 cm2, dikenakan pada sarung tangan dan sepatu, dan bisa menopang bobot 1 kg.
Nicola Pugno, peneliti politeknik Universitas Turin Italia merangkap teknologi Nano, telah membuat satu pasang sarung tangan yang masing-masing mampu menahan bobot 10 kg. seiring dengan perbaikan teknis, impian indah masyarakat penggemar spiderman sepertinya tak lama lagi bisa direalisir.
4. Insang buatan
Pada saat manusia menyelam ke dasar laut, maka manusia harus menggunakan tabung oksigen agar tetap bisa bernafas di dasar laut. Untuk itulah sekarang ini para ilmuan berpikir untuk menciptakan sebuah tekhnologi karena terinspirasi oleh ikan duyung. Karena ikan duyung itulah manusia akan menciptakan insang buatan, di masa depan dan berkelana di dasar lautan sudah bukan masalah lagi.
Fuji Systems, Jepang, membuat insang buatan dari membran silikon, udara bisa menembusnya tapi cairan tak dapat, bisa memfilter oksigen di dalam air, bersamaan itu membuang CO2, persis seperti insang ikan. Pada 2002, ada penyelam yang berhasil mengenakan insang buatan berada di dasar air selama 30 menit.
Tetapi oleh karena di dalam air laut hanya terdapat 1,5% oksigen, sedangkan oksigen yang disiapkan insang buatan terlalu minim, tidak mencukupi kebutuhan nafas manusia. Ilmuwan Israel memakai baterai menggerakkan mesin sentrifugal berkecepatan tinggi, sesudah mengurangi tekanan air laut bisa membebaskan lebih banyak oksigen, tetapi bagi penyelam, walau tak perlu lagi membawa tabung oksigen, tetapi masih perlu menggendong aki dan alat pengukur pengurang tekanan.

5. Alat penterjemah langsung
Perusahaan SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Iraq, di saat bicara bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.
Ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem serupa dinamakan Speechalator, bisa digunakan pada palm sized note book dan PDA. Meskipun dewasa ini daya perbendaharaan-katanya terbatas, namun bantuan komunikasi IraqComm bagi tentara AS dan orang Iraq sangat besar.
6. Mantel penyirna tubuh
Manusia dalam melihat suatu benda adalah karena benda tersebut telah menghalangi lewatnya gelombang cahaya. Jikalau pada benda tersebut diliputi satu lapis materi spesial yang mengandung Refractive index negative, secara teoritis bisa membuat cahaya tanpa hambatan meneruskan maju ke depan, dengan demikian benda tersebut secara visual sudah lenyap.
Kini standar iptek belum bisa membuat orang menghilang tetapi sangat mungkin merencanakan sebuah mantel penyirna tubuh. Tahun yang lalu Universitas Duke, AS, menyatakan bisa membuat metamaterials yang bisa membelokkan cahaya, bahan penyirna semacam ini dibuat dari sejumlah besar bahan sintetis yang menyerupai fiber glass dan dibentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikkan gelombang elektromagnetik, dengan melalui mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda.
Dewasa ini peneliti dengan sukses memperluas area wilayah yang bisa menghadang gelombang cahaya, meningkatkan dengan tajam kemampuan menutupi benda. Metamaterials selain bisa dibuatkan mantel penyirna tubuh, juga bisa dipergunakan di optical fiber communication, dibuat speed fiber optic diperkirakan bisa meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan on line dewasa ini.
7. Pesawat terbang pribadi
Pesawat terbang dipandang oleh banyak ilmuwan sebagai model iptek moderen. Tanpa pesawat, bisakah manusia terbang ke langit?
Pada 1920 telah dikembangkan pesawat terbang pribadi, sampai tahun 60-an, ada yang merancang pesawat pribadi yang mampu terbang 30 detik. Hingga 2008, Martin Jetpack yang dirancang oleh perusahaan pesawat Martin, Selandia Baru, membuat pesawat pribadi tidak lagi bagian dari komik fiksi iptek.
Martin Jetpack menyediakan dua starter Turbojet engine, digerakkan memakai bensin, satu gallon bensin cukup untuk 30 menit terbang, sekitar 50 km jauhnya. Selain itu pesawat dilengkapi juga dengan parasut, tak perlu takut jika mengalami kerusakan.
Harga jual pesawat tersebut adalah US$ 100.000, diprediksi paling cepat semester kedua tahun ini sudah bisa dipasarkan.
8. Pesawat antariksa pribadi
Selain pesawat pribadi, ada orang yang ingin memiliki pesawat antariksa pribadi, setiap saat bisa melayang ke ruang angkasa untuk menikmati indahnya bulan dan bintang. Pada umumnya mahalnya pesawat antariksa ada pada bahan bakarnya. Biasanya meluncurkan satu kali roket, harus merogoh biaya BBM sebesar US$ 100 juta. Insinyur AS, Leik Myrabo ternyata memiliki ide baru yakni tanpa penggunaan BBM.
Myrabo senantiasa berupaya pada penelitian gelombang mikro. Ia merencanakan penggunaan laser permukaan ditembakkan ke arah bagian dasar pesawat antariksa berbobot ringan, bisa menimbulkan Explosive plasma, sehingga melontarkan pesawat antariksa ke atas. Diprediksi pada 2025, modal dengan cara baru ini hanyalah 1/1000 daripada yang sekarang.
9. Alat terapi ultrasonic mini/jinjing
Di dalam cerita silat, orang yang berilmu tinggi bisa menyembuhkan orang lain dengan metode memancarkan tenaga dalam. Kalangan kedokteran sudah jauh hari menggunakan gelombang ultrasonik guna pemeriksaan kondisi perempuan hamil, namun dewasa ini menggunakan ultrasonik untuk penyembuhan, juga telah menjadi cara operasi baru.
Lawrence Crum, professor Universitas Washington, AS, yang telah sukses mengembangkan semacam peralatan terapi ultrasonik jinjing, melalui ultrasonik yang membebaskan ultrasonik berenergi rendah, kondisi pembuluh darah yang terluka oleh gelombang ultrasonik jikalau ditemukan pembuluh darah terdapat gejala berdarah, alat tersebut membebaskan lagi ultrasonik energi tinggi untuk menimbulkan panas tinggi dan memampatkan pembuluh darah. Ia tahun ini bisa melakukan uji klinis terhadap peralatan terapinya.
10. Bau sebagai pengontrol TV
Jauh pada akhir 1990 sudah ada perusahaan yang pada tahap awal berhasil meneliti teknik bebauan sintetis, mampu membuat hampir semua aroma yang ditemui setiap hari. Tetapi pada TV seiring dengan perubahan gambar, bagaimana mencegah aroma yang berbeda tidak tercampur dan berubah ke jenis aroma lainnya, serta bagaimana menangkal bau yang tak mau lenyap yang belum sinkron dengan gambar ditampilkan.
Metode perusahaan Xin Li, Jepang ialah menghindari hidung, namun langsung menyerang bagian otak. Di dalam hak ciptanya, Xin Li menggunakan ultrasonik langsung merangsang bagian tertentu pada otak manusia, membuat penonton atau pemain toy mengira mengendus aroma tertentu. Namun teknik tersebut masih sangat primitif, jalan ke masa depan masih agak panjang.
Tetapi selain 10 teknologi masa depan yang dikemukakan oleh Harian Daily Mail, Inggris dalam produk iptek, ternyata masih ada teknologi terbaru yaitu Meja masa depan. Teknologi ini direncanakan atau direalisir tahun 2012.



TEKNOLOGI TERBARU 2012

Tidak hanya sepuluh tekhnologi yang telah disebutkan diatas saja, namun masih ada beberapa tekhnologi yang segera akan di buat oleh para ilmuan dunia pada tahun 2012 mendatang. Salah satunya adalah meja microsoft.

Saat ini mungkin fungsi meja hanyalah sebagai peralatan rumah tangga yang digunakan untuk meletakkan peralatan tulis menulis atau sekedar pengisi interior ruangan. Pada awal tahun 2011, beredar kabar munculnya teknologi tv hologram. Tapi baru-baru ini, diakhir tahun 2011, Microsoft membuat sebuah terobosan dengan teknologi yang diberi nama Microsoft Surface, dimana sebuah kombinasi antara meja, komputer, kamera, serta touch sensivity berukuran sebesar yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi untuk berbagai aktivitas.

Pada meja besar yang menggunakan LCD touch screen 40 inci, Microsoft menempatkan sebuah smartphone pada layar, seketika Microsoft Surface akan mengenali perangkat tersebut dan menampilkan informasi mengenai perangkat serta memungkinkan untuk memilih model yang berbeda. Kabarnya, Microsoft telah mengonfirmasi harga terbaru untuk meja masa depan yang akan mereka rilis pada tahun 2012 nanti di pasar Amerika sebesar $8.900.

Teknologi Terbaru 2012 : Meja Masa Depan Microsoft Surface dan 
EXOdesk

Seperti halnya Microsoft Surface, teknologi terbaru untuk masa depan lainnya, sebuah meja interaktif, EXOdesk, yang memungkinkan kita untuk melakukan semua aktivitas pada virtual space. EXOdesk sebenarnya merupakan sebuah tabletop computer yang menawarkan layar high definition 40 inci, di mana kita bisa memanipulasi virtual object dengan menyentuh dan dragging. EXOdesk akan dirilis pada tahun 2012 mendatang dengan harga $1,299.

Selain meja masa depan di atas, ternyata dari segi desain, tidak hanya Microsoft Surface yang tampilannya tampak semakin unik dengan gaya yang eksklusif. Model-model arsitektur bangunan yang saat ini tengah dibangun dan sedang dirancang memperlihatkan bentuk yang hampir sama. Bila Anda lihat perbedaanya adalah pertama pada tampilan dan pengambilan sudut yang suasananya semakin diperhalus, kedua, pada pewarnaan dan tipe adopsi bangunan yang sedang dibangun.

Tipe bangunan yang dimaksud adalah para perancang tidak lagi menggunakan desain modern dimana setiap bangunan komplit dengan berbagai fasilitas. Ditambah lagi dalam desain bangunan juga tidak selalu berteknologi tinggi. Para perancang kini tengah menampilkan sebuah arsitektur bangunan perpaduan gaya Tiongkok dan Barat yang sangat melekat dengan alam, beresiko tinggi, terbuka dan terlihat multipolarisasi. Tipe bangunan ini disebut sebagai peralihan karakterisasi yang post modern.

Penulis dan arsitektur bangunan yang bergaya Amerika dari Van Nostrand Reinhold , New York, Paul Rudolph memaparkan ciri kenapa tipe bangunan disebut Modern adalah karena bentuknya yang terkadang selalu monoton dan tidak menampilkan sejarah. Dan menurut banyak orang, hal itu tidak tampak klasik karena arsitek mengolah bentuk-bentuk geometris dengan nilai estetika, misalnya dengan menunjukkan elemen segitiga massif dan bentuk lainnya.

Yang membedakan bangunan modern dengan bangunan post modern yaitu bangunan modern sifatnya singular, seragam dan tunggal. Sedangkan bangunan post modern lebih plural, dan beranekaragam. Para arsitek menyebutnya anak dari arsitektur modern. Tipe bangunan ini sudah melepaskan diri dari aturan-aturan dan sifat karakter yang sama serta memuat koreksi terhadap kesalahan arsitektur modern. Dalam membangun arsitek memadukan seni, ilmu pengetahuan, krajinan dan teknologi.

Contoh-contoh tipe bangunan yang menuju era baru tersebut adalah The lighthouse di Dubai (Uni Emirat Arab), Khan Shatyry Entertainment Centre di Astana (Kazakistan), Stadion Bird’s Nest, Beijing Bubble Building, National Grand Theater, China Central Television (CCTV) Headquarters, dan Ren Building yang dibangun di China.

Inspirasi banyak dibangunnya berbagai jenis bangunan arsitektur tersebut kemungkinan dipicu dengan diadakannya ajang Olimpiade pada 2008 di China. Beberapa bangunan tersebut selesai pada 2007 dan sudah dapat dipergunakan pada 2008. Stadium Nasional yang rancangannya sudah dilombakan sejak 2002 lalu, kini menempati posisi sebagai bangunan terpenting. Bangunan ini menjadi salah satu bangunan yang penggarapannya selesai pada akhir 2007. Bangunan yang luasnya mencapai 258 ribu meter persegi ini menjadi tempat berlangsungnya olimpiade yang ke 29.
Model bangunan ini sangat tidak biasa dilihat. Dari jauh, kerangka dan bagian stadion terlihat sangat jelas. Pemenang rancangan tersebut adalah arsitektur perusahaan dari Swiss, Herzog de Meuron, dengan konsultasi dari ARUP dan para desainer arsitektur dan grup penelitian China.

Bagian muka, rangka dan sekaligus body bangunan adalah berupa komponen baja yang saling diikat satu sama lain. Sesuai dengan namanya yang mirip sarang burung, setiap rangka baja yang ditanam saling menopang satu sama lain dan saling diikat. Sementara diantara ruang yang ada akan diisi dengan bahan ETFE. Total jumlah kursinya mencapai 91 ribu buah. Tetapi disaat kompetisi jumlah tersebut hanya akan disi sebanyak 80 ribu.

Kemudian ada satu bangunan lagi yang akan sangat spektakuler dan baru selesai pada 2008 lalu adalah China Central Television (CCTV). Bangunan ini adalah salah satu dari 300 bangunan yang dibangun dipusat bisnis Beijing. Dengan desain tinggi 230 meter, bangunan ini terdiri dari dua buah menara kembar.

Unik dan cukup beresikonya bangunan adalah tidak tegak lurus, akan tetapi sedikit condong dan berdiagonal dengan dihubungkan oleh bangunan bertingkat pada sisi puncaknya. Belum lagi setiap ruang dan kamar pada setiap menara disusun seperti balok yang ditempel-tempelkan di dinding. Banyak pertanyaan akan kemungkinan bangunan tersebut dibangun atau tidak. Namun rancangan yang dimenangkan oleh Rem Koolhaas, arsitektur metropolis tersebut diyakini dapat berdiri.









Tidak hanya bangunan-bangunan canggih di atas yang akan memukau penduduk dunia, tetapi juga akan ada pesawat kargo di masa depan yang meniru desain pesawat UFO. Pesawat itu bernama Skylifter, seperti balon udara dan desainnya mirip piring terbang. Semakin banyaknya klaim tentang penampakan unidentified flying object (UFO) selama ini identik dengan piring terbang. Kelak, kita akan lebih sering melihat piring terbang di langit, namun itu bukan berarti mahluk luar angkasa atau alien makin sering mengunjungi Bumi. Seperti yang dimuat dalam situs Gizmodo, Senin 4 Oktober 2010, perusahaan Skylifter asal Australia sedang mengembangkan alat transportasi pengangkut kargo berat yang ramah lingkungan.

Pesawat itu bernama 'Skylifter' - sama dengan nama perusahaan pembuatnya - seperti balon udara dan desainnya mirip piring terbang. Desain 'UFO' akan memungkinkan kendaraan itu mengatasi angin kencang dan tetap bisa melaju dalam jarak sampai 2.000 kilometer dengan kecepatan 45 knot atau  83 kilometer per jam - ini berdasarkan uji coba yang dilakukan.


Skylifter ini bisa mengangkut barang sebesar 150 ton. Kendaraan ini diharapkan bisa terwujud  dalam waktu tiga tahun. Sementara, seperti yang dimuat dalam situs The Economist, Skylifter dibuat  untuk mengatasi berbagai hambatan dalam pengangkutan kargo.

Apalagi, keberadaan rel dan jalan raya terbatas. Pesawat kargo biasa juga sangat terbatas - tergantung bentuk dan ukurannya. Apalagi, landasan pacu juga terbatas. Penggunaan helikopter besar, Mi-26 atau Sikorsky S-64 Skycrane juga terhalang berat maksimal.  Mi-26 berat maksimal 20 ton, sementara Sikorsky S-64 Skycrane bisa mengangkut kargo seberat 9 ton. Pesawat rancangan perusahaan aeronautical, Skylifter ini diklaim sebagai solusi pengangkutan kargo yang sempurna.

'Skylifter' tak hanya mampu mengangkat komponen barang berat, bahkan satu gedung sekaligus - mulai bangunan rumah sakit di pedesaan, pusat bantuan bencana, sampai jadi pesawat pesiar mewah dapat diangkut. Selain sayapnya yang mirip piring terbang, 'Skylifter' juga menggunakan perangkat  baling-baling yang disebut Voith-Schneider - yang mirip dengan roda dayung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar